Jumat, 26 Oktober 2012

Acara Welcome Party SEA Youth Action Sport Games 2012 DI Grand Cempaka Hotel, Jakarta Berlangsung Meriah


SEA Youth Action Sport Games (SEA YASG) 2012 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Nasional Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (PN. FORMI) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Kompetisi olahraga pemuda yang baru pertama kali terselenggara di Asia Tenggara ini tercetus sebagai bentuk kepedulian dan eksistensi olahraga pemuda di dunia. Untuk kegiatan kali ini FORMI menggandeng organisasi pemuda yang berada di bawah naungan, seperti Federasi Skateboard Indonesia, Inline Skate, B-Boy Indonesia, dan Asisiasi BMX Indonesia untuk ikut mensukseskan SEA – YASG 2012. Kegiatan yang digagas oleh PN. FORMI ini akan berlangsung selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 26 – 28 Oktober 2012 di Festival, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Malam ini, tanggal 26 Oktober 2012 pukul 19.00 Wib. berlangsung acara Welcome Party di Hotel Grand Cempaka, Jakarta. Acara ini dihadiri seluruh peserta dari 7 negara. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, yang terdiri dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Lampung, dan Bali, juga dihadiri peserta dari Malaysia, Singapore, Brubai Darusalam, Phillipines, Thailand dan Vietnam. Hadir pula dalam acara ini, Secretery Genderal TAFISA (The Associasian For International Sport for All) Wolfgang Bauman dari Negara Jerman, Special Advisor TAFISA    Mr. Ju Ho Chang dari Korea, Sekretaris PN. FORMI dr. Iskandar Z Adisapoetra, serta keempat ketua dari induk organisasi olahraga rekreasi pemuda, yaitu Ketua Asosiasi BMX Indonesia, Ketua Inline Indonesia, Ketua Federasi Skateboard Indonesia, dan Ketua B-Boy Indonesia.

Kontingen Jawa Timur dengan kekuatan 22 orang, hadir dalam acara tersebut dengan menggunakan seragam jaket dominan warna hijau. Berbeda dengan peserta lainnya yang tidak menggunakan seragam, kontingen Jawa Timur terlihat sangat kompak dan menjadi peserta terbanyak terdiri dari 18 atlet dan 4 official. “Jawa Timur siap berbuat maksimal dan berupaya menjadi yang terbaik” Kata Yudha Satria, Perwakilan FORMI Kota Surabaya sebelum acara dimulai. “Sebagai upaya mendukung FORMI Jawa Timur, kami dari Kota Surabaya memilih atlet olahraga pemuda Kota Surabaya yang terbaik untuk berlaga di SEA YASG 2012 ini”, tambah Yudha disela-sela acara welcome party.

Begitu pula dengan FORMI Kabupaten Sidoarjo berupaya mensupport FORMI Jawa Timur dengan mengirimkan 7 atlet BMX terbaik yang dimiliki Kabupaten Sidoarjo.”Walaupun kami tidak mempersiapkan secara khusus atlet BMX dalam sebuah pemusatan latihan, tetapi kami yakin bahwa mereka mampu berbuat yang terbaik untuk Jawa Timur.”.”Semangat dan prestasi yang pernah mereka raih diberbagai tournament juga sangat luar biasa, olah sebab itu pada event bergengsi seperti SEA YASG ini mereka punya semangat yang sangat luar biasa untuk menjadi yang terbaik” kata Wignyo, Sekretaris Umum FORMI Kabupaten Sidoarjo.

“Kita yakin akan memperoleh beberapa medali emas pada event ini,” tambah Sekretaris Umum FORMI Jawa Timur, Biasworo Adisuyanto Aka pada malam itu. “karena mereka menilai bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh PN. FORMI Ini sangat bergengsi dan mereka bertekad akan mengukir tinta emas dalam event SEA YASG tahun 2012 ini” kata Biasworo sambil mecicipi hidangan ringan yang disediakan panitia penyelengara.

Sebagaimana penyampaian Ketua Panitia Penyelenggara pada saat memberikan laporan, bahwa acara yang bertema “Youth Action for Brighter Future” ini bertujuan agar pemuda saat ini bias melakukan aktivitas dan kegiatan untuk masa depan yang lebih baik. Dengan tema dan gerakan ini sendiri diharapkan bias menjadi motivator dan gaya hidup positif bagi pemuda saat ini.

Pada acara welcome party ini juga diberi kesempatan kepada Secretry General TAFISA, Mr. Wolfgang Buman untuk memberikan sambutan. Beliau memberikan aplos yang sangat luar biasa kepada upaya PN. FORMI untuk menyelengaran kegiatan olahraga kaum muda di tingkat Asia Tenggara. Upaya membentuk kegiatan seperti ini akan berdampak positif kepada Indonesia untuk mempersiapkan pelaksanaan TAFISA World Games 2016 memdatang di Indonesia.

Sambutan terkahir pada acara welcome party disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PN. FORMI, dr. Iskandar Z. Adisapoetra. Utamanya dalam memberikan sambutan tidak tertulisnya, bahwa “Penyelenggaraan SEA Youth Action Sport Games ini merupakan bagian dari upaya FORMI untuk menanamkan sejak dini kepada pemuda dan generasi penerus dalam upaya peningkatan mutu kesehatan jasmanidan gaya hidup pemuda saat ini. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana pemuda untuk menyalurkan hobi dan juga ajang adutainment bagi mereka. Selain itu kegiatan ini juga menjadi rangkaian persiapan kegiatan The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 yang akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia.

Misi Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia adalah menanamkan budaya dan kegemaran berolahraga di usai dini, menyebarluaskan olahraga rekreasi masyarakat keseluruh pelosok tanah air dan kesegenap lapisan masyarakat, meningkatkan derajat kesehatan dan produktifitas masyarakat, melestarikan dan mengembangkan olahraga rakyat dan rekreasi yang berciri masal, tradisional dan khusus, meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dalam rangka pengelolaan organisasi rekreasi masyarakat, serta membantu tersedianya sarana olahraga rekreasi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar