Senin, 19 Agustus 2013

Olahraga Massal

Penulis :
Ir. BIasworo Adisuyanto Aka, MM
September 2010

Olahraga massal, salah satu  ruang lingkup pembinaan Olahraga Rekreasi adalah merupakan bentuk kegiatan olahraga yang dilakukan dan diikuti sekelompok atau banyak orang. Olahraga massal berkembang sangat pesat di masyarakat. Muncul beragam kegiatan senam yang merambah ke berbagai pelosok tanah air dan sangat disukai. Selain mudah, olahraga senam ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Cukup bermodal pakaian olahraga, kemauan dan kemampuan serta melakukan kegiatan olahraga ini secara rutin dan terprogram.

Beragam kegiatan senam massal dilakukan secara rutin di berbagai sudut pusat keramaian kota. Hari Minggu merupakan hari utama bagi mereka untuk melakukan aktivitas olahraga massal seperti ini. Biasanya alun-alun kota, merupakan salah satu tempat pusat kegiatan rutin pelaksanaan senam massal. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap hari Minggu pagi oleh sekelompok masyarakat yang tergabung di dalam senam kebugaran. Olahraga senam ini tidak hanya tumbuh berkembang di alun-alun. Beberapa tempat lain seperti halaman Balai Kota, atau halaman perkantoran juga merupakan tempat pelaksanaan aktivitas olahraga massal pada Minggu pagi. Tidak hanya di lokasi jantung kota saja, tetapi juga di berbagai sudut kota, juga merambah aktivitas kegiatan olahraga massal ini secara rutin, bahkan sampai dengan ke tingkat paling bawah, yaitu RT.

Aktivitas senam yang dilakukan oleh beragam komunitas tersebut bukan merupakan satu-satunya jenis olahraga massal, tetapi hanya salah satu contoh dari olahraga massal yang berkembang pesat dan sangat diminati oleh masyarakat. Sebenarnya, cukup banyak komunitas olahraga massal yang lain yang juga berkembang baik, seperti jalan sehat, sepeda sehat, sepeda kuno, Fun Bike, dan lari 10 K.

Aktivitas olahraga massal ini semakin terasa semarak, ketika mendekati acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus. Mulai dari tingkat lingkungan pemukiman (RT/RW) sampai ke tingkat Kecamatan, seluruh masyarakat bergerak melakukan aktivitas olahraga massal ini dengan semangat. Masing-masing RT, RW, Kelurahan sampai dengan Kecamatan membentuk kelompok berlatih senam, mengadakan jalan sehat, sepeda sehat atau terkadang melaksanakan fun bike. Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi lomba, hampir di setiap pelosok terdengar alunan musik bernuansa olahraga, yang diikuti oleh beragam komunitas olahraga massal.

Keramaian seperti itu tidak hanya terjadi di lokasi-lokasi umum saja, aktivitas olahraga massal ini tumbuh dengan baik. Salah satu bentuk aktivitas olahraga massal yang berkembang sangat baik adalah aktivitas olahraga senam umum. Kegiatan senam yang berkembang di sanggar-sanggar, cenderung lebih beragam. Tidak hanya senam aerobic, tetapi juga berkembang program latihan beragam jenis senam. Kebanyakan, peserta yang melakukan aktivitas tersebut di sanggar-sanggar senam adalah kaum wanita muda dan ibu-ibu, dengan tujuan selain memperoleh kesehatan dan kebugaran yang ingin dicapai, tetapi mereka juga menginginkan peningkatan kualitas dan prestasi. Dari rutinitas dan latihan yang terprogram, mereka berharap selain fisik yang sehat dan bugar kemampuan melakukan teknik geraknya juga mengalami peningkatan. Pada akhirnya, pengharapan mereka berujung pada perolehan prestasi di even lomba. Untuk meraih prestasi demikian, terkadang aktivitas ini harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membayar instruktur handal, dan dilaksanakan secara rutin minimal 3 hari atau lebih dalam satu minggu.

Aktivitas olahraga massal yang dilakukan di unit-unit perkantoran juga berkembang dengan baik. Hampir seluruh unit-unit perkantoran, baik instansi pemerintah maupun swasta telah melakukan kegiatan senam aerobic bersama dengan baik. Kegiatan ini dilakukan secara rutin pada setiap hari Jum’at sebagai hari Krida Olahraga. Berbeda dengan aktivitas olahraga yang dilakukan di sanggar-sanggar senam, kegiatan ini tidak bermuara kepada peningkatan prestasi, tetapi cenderung mempunyai tujuan utama menjaga kesehatan, kebugaran, meningkatkan semangat kebersamaan, semangat kerja, dan produktivitas kerja.

Keterlibatan pemerintah dalam upaya turut mengembangkan aktivitas olahraga massal ini adalah dengan memberi variasi kegiatan lainnya sebagai perangsang dan menghilangkan kejenuhan. Bentuk kegiatan yang selama ini dikembangkan oleh pemerintah maupun masyarakat adalah berupa : (1) kegiatan lomba dan festival olahraga massal; (2) peningkatan kualitas SDM instruktur; (3) pembinaan olahraga tenaga kerja; (4) tes kebugaran jasmani; (5) penyusunan model latihan kesegaran jasmani; (6) hari tantangan olahraga/challenger day; (7) hubungan dengan organisasi massal dalam dan luar negeri.

Program kegiatan lomba dan festival yang sudah berkembang dan sering dilakukan oleh pemerintah adalah berupa pekan olahraga pedesaan (PORDES), pekan olahraga dan seni pondok pesantren baik di tingkat daerah  (POSPEDA) maupun nasional (POSPENAS), pekan kesegaran jasmani (PKJ), festival olahraga massal, peringatan hari olahraga nasional (HAORNAS).

Program kegiatan peningkatan kualitas SDM dan manajemen olahraga massal yang sudah sering dilakukan adalah berupa pelatihan atau penataran bagi tenaga pembina, penggerak, pelatih/instruktur, organisasi olahraga masyarakat, dan penyusunan pedoman standart teknis, standart pelayanan minimal, norma, kriteria, dan prosedur di bidang olahraga massal.

Program kegiatan pembinaan olahraga tenaga kerja lebih ditekankan kepada kegiatan olahraga pada jam krida olahraga. Kegiatan jam krida olahraga ini dilakukan minimal sekali dalam seminggu secara rutin di setiap unit instansi pemerintah maupun swasta, sehingga harapan untuk meningkatkan semangat kebersamaan, semangat kerja dan produktivitas kerja dapat dicapai dengan baik.

Program kegiatan tes kebugaran jasmani dimaksudkan sebagai alat ukur peningkatan kesegaran jasmani dan kebugaran bagi siswa, mahasiswa, pegawai pemerintah maupun swasta, dan masyarakat. Kegiatan ini dipandang perlu dilakukan sebagai evaluasi tingkat kebugaran jasmani secara berkala untuk mengetahui profil atau kualitas fisik sumber daya manusia masyarakat.

Penyusunan model latihan kesegaran jasmani dimaksudkan sebagai upaya menghilangkan kejenuhan dalam melakukan aktivitas olahraga massal. Kegiatan ini dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai instansi, pakar dan melibatkan masyarakat di dalam menciptakan berbagai jenis dan bentuk latihan kesegaran jasmani. Semakin banyak jenis dan bentuk latihan yang tercipta, maka semakin memberikan pilihan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Program kegiatan chalengger day adalah kegiatan berbagai jenis olahraga massal yang dilaksanakan secara serempak di suatu kota atau wilayah penyelenggara dan diikuti oleh kota atau wilayah lain. Kegiatan ini, berlangsung mulai pukul 00.00 dan berakhir sampai dengan pukul 21.00 pada hari yang sama. Kegiatan ini memang belum pernah dilaksanakan di Indonesia, namun dapat menjadikan alternatif kegiatan lain sebagai pilihan.

Program peningkatan hubungan dengan organisasi massal di dalam dan di luar negeri dimaksudkan sebagai upaya menjalin kerjasama dengan organisasi olahraga massal baik yang berada di dalam maupun di luar negeri,  sehingga, dalam melaksanakan kegiatan olahraga massal sejenis dapat berjalan lebih terarah. Beberapa organisasi olahraga massal yang berada di dalam negeri seperti Asosiasi Kebugaran Indonesia (ASKI), Senam Tera, Asosiasi Pembina Pelatih Senam Indonesia (APPSI), Yayasan Jantung Indonesia, dll. Sedangkan organisasi massal di luar negeri, seperti Asia Oceania Sport For All Association (ASFAA), Asia Pacific Sport For All Association (APOSA) di tingkat Asia, ataupun Trim’s Fitness Sport For All Association.

Beragam Jenis Olahraga Massal
1.1.1.     Olahraga Kesehatan
1.1.1.1.        Pernapasan
a.     Senam Taichi
b.     Senam Tera
c.      Senam PORPI
d.     Senam Cakra Wiweka
1.1.1.2.        Umum
a.     Senam Jantung Sehat
b.     Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)
c.      Senam Diabites
d.     Senam Kinestetika Indonesia
1.1.1.3.        Tulang Sendi
a.     Senam Oestoporosis
b.     Senam Sehat Indonesia
1.1.2.     Olahraga Rekreatif
1.1.2.1.        Basis Budaya
a.     Senam Poco Poco
b.     Senam Sajojo
c.      Senam Jula Juli
d.     Senam Line Dance
1.1.2.2.        Massal
a.     FUN Bike
b.     Sepeda Tua (sepeda onthel)
c.      Gerak Jalan
d.     Jalan Sehat
e.     Tri Athlon
f.    Komunitas CB

5 komentar:

  1. Acaranya pasti serru, dan acara senam masalnya itu memakai jenis senam apa ya? dan mau tau tempat kebugaran mana yaa yang menyediakan info tentang koleksi baju senam terbaru dengan model terbaru bagi pemula?

    BalasHapus
  2. waah seru bgt tuh acarny :)
    btw msih sring diadain ga ni acarany mpe skrg n mau tany ni klo toko baju senam di jawa timur dmna yah ?
    mkasih salam sukses

    BalasHapus
  3. "Salam kenal Gan
    Acaranya pasti serru, kalo boleh tau instrukturnya dari kota mana? dan apakah instrukturnya memakai baju senam terbaru merk Crystal seri CORE untuk senam masal seperti dilapangan ini?"

    BalasHapus