Rabu, 21 Agustus 2013

Festival Olahraga Tradisional se Jawa Timur 2013

Kadispora Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas 17 Agustus 1945

Penulis :
Ir. BIasworo Adisuyanto Aka, MM
Surabaya, 23 Mei 2013
Narasumber :
K. Kartika Wulan, SH, MH (Kepala Seksi Pengembangan dan Pelestarian Olahraga Dispora Jawa Timur)


Dr. SUGENG RIYONO
Kadispora Provinsi Jawa Timur
Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provensi Jawa Timur menggelar kembali kegiatan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provensi Jawa Timur tahun 2013 di Surabaya. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Dispora Provensi Jawa Timur setiap dua tahun sekali, yaitu pada tahun ganjil. Kali ini merupakan kegiatan yang ke tiga  kalinya, yang sebelumnya pernah dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo tahun 2005 dan sempat fakum cukup lama hingga tahun 2011 baru terlaksana kembali di Kabupaten Probolinggo.

Olahraga tradisional merupakan jenis olahraga yang sudah ada, tumbuh dan berkembang di masyarakat sejak jaman dahulu, diperkirakan sudah ada sejak jaman kerajaan dan mengalami alkulturasi pada jaman penjajahan. Olahraga tradisional merupakan olahraga yang sederhana, mudah dimengerti/dipelajari, biayanya relative murah dibandingkan dengan olahraga modern karena sedikit menggunakan perlengkapan dan peralatan yang dapat dibuat sendiri serta dapat dimainkan di arena terbuka dan tertutup.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, pelaksanaan kali ini tidak hanya unsur perwakilan Kabupaten/Kota saja yang dilibatkan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur untuk turut berpartsisipasi menggali dan melestarikan olahraga tradisional. Respon perguruan tinggi sudah cukup luar biasa, ada enam peserta dari perguruan tinggi yang menjadi peserta diantaranya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Malang, Ubaya Training Centre, dan Universitas Surabaya. Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan ini secara rutin dua tahun sekali, dengan tujuan selain sebagai upaya menggali dan melestarikan olahraga tradisional di masyarakat, tetapi juga sebagai upaya menyeleksi penampilan olahraga tradisional terbaik untuk dipersiapkan pada pelaksanaan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional tahun 2014 di Provinsi Lampung.

“Melibatkan perguruan tinggi ini merupakan keinginan Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, Dr. Sugeng Riyono” kata Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Rekreasi Dispora Jawa Timur, Drs. Abd. Haris Ramadhan, MM disela-sela persiapan acara pembukaan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. “Beliau sangat yakin akan potensi yang terkandung di masing-masing perguruan tinggi, bila dilibatkan  menjadi peserta di Invitasi Olahraga Tradisional se Jawa Timur tahun 2013 ini, akan tergali kembali budaya bangsa yang sudah terpendam dari mereka.” Tambah Haris sapaan lekat Abd. Haris Ramadhan.

Sebagaimana tahun 2011 yang lalu di Kabupaten Probolinggo, kegiatan ser upa hanya diikuti 9 Kabupaten/Kota dari 38 Kabupaten/Kota dan 6 Perguruan Tinggi yang ada di Jawa Timur. Masing-masing Kabupaten/Kota menampilkan beragam budaya olahraga tradisional yang telah mereka gali di daerahnya. Melalui kegiatan festival ini, tergali beragam olahraga tradisional yang sudah terpendam cukup lama. Kekayaan budaya Jawa Timur terlihat pada gebyar penyelengaraan skala daerah seperti ini.

Beberapa daerah Kabupaten/Kota dan Perguruan Tinggi yang menjadi peserta Festival Olahraga Tradisional se Jawa Timur tahun 2013 ini diantaranya adalah :
1.     Universitas Negeri Malang, dengan tema “Gulat Okol”;
2.     Kabupaten Jember, dengan tema “Legenda Watu Ulo”;
3.     Universitas Surabaya, dengan tema “Benteng Bentengan”
4.     Kabupaten Sidoarjo, dengan tema “Ritual Ujung”
5.     Kota Surabaya, dengan tema “Suro Lan Boyo”;
6.     Universitas Muhammadiyah Malang, dengan tema “Songguy Asuwek”;
7.     Kabupaten Sampang, dengan tema “Penteng”;
8.     Universitas Brawijaya Malang, dengan tema “Wetengan”;
9.     Kabupaten Bojonegoro, dengan tema “Kalongking”
10.  Kota Batu, dengan tema “Gronjong Delling”;
11.  Kabupaten Mojokerto, dengan tema “Bentengan”;
12.  Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dengan tema “Sodoran”;
13.  Kabupaten Jombang, dengan tema “Silat Gantangan (Kebo Kicak)”;
14.  Kota Kediri, dengan tema “Pencak Dor”;
15.  Ubaya Training Centre, dengan tema “Silat Harimau dan Macam”.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sebagai tuan rumah juga sangat tidak mengecewakan. Segala upaya dukungan kebutuhan panitia penyelenggara dari  khususnya terkait dengan fasilitas sarana dan prasarana festival disiapkan secara maksimal. Mulai dari pelaksanaan technical meeting sampai dengan pelaksanaan festival keesokan harinya sangat tidak mengecewakan. Ruang pertemuan, ruang ganti pakaian dan beberapa ruang lain yang diperuntukan sebagai pertemuan dewan juri juga disiapkan secara baik oleh pihak Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Lahan parkir yang mempunyai luas area kurang lebih 30 meter x 30 meter disulap secara baik menjadi arena festival olahraga tradisional tingkat daerah Jawa Timur. Lahan parkir yang beralaskan paving disetting materas pazzle karet tebal 2 cm seluas 20 meter x 20 meter. Materas ini diperuntukan sebagai area festival sebagaimana pemenuhan persyaratan nasional. Sedangkan sekeliling di luar arena materas dipasang tenda undangan dan tenda peserta.

Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur juga tidak tanggung-tanggung dengan mengundang pakar olahraga tradisional Dr. Andun Sundiandoko, M.Kes dari Universitas Negeri Surabaya sebagai ketua dewan juri pada pelaksanaan Festival Olahraga Tradisional se Jawa Timur tahun 2013 ini. Selebihnya, dewan juri yang bertugas mendampingi Dr. Andun Sundiandoko, M.Kes juga punya pengalaman dan sertifikasi dibidangnya secara baik. Diantaranya adalah Dr. Harwanto, ST, M.Pd. (Universitas PGRI Adibuana Surabaya), I Wayan Sudharma, S.Pd.(PMKI Jawa Timur), Ir. BIasworo Adisuyanto Aka, MM (Dispora Provinsi Jawa Timur), Sudarsono (Seniman).

Rektor UNTAG Surabaya
Fesitival Olahraga Tradisional Tingkat Jawa Timur tahun 2013 ini dibuka oleh Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Prof. Dr. Drg. Hj. Ida Ayu Brahmasari, DIpl, DHE M.Pa ditandai dengan pemukulan gong, didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur, hari Rabu tanggal 22 Mei 2013 tepat pada pukul 08.00 di halaman parkir timur Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan penghargaan dan ucapan terma kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada lembaga perguruan tinggi  untuk dapat menyelenggarakan Festival Olahraga Tradisional Se Jawa Timur tahun 2013 ini di Universitas 17 Agustus 1945 secara baik. Selain itu juga beliau menekankan pentingnya menggali kembali dan melestarikan budaya asli rakyat Jawa Timur khususnya, dan Indonesia pada umumnya yang sudah hampir punah dan tidak pernah dikenal kembali, khususnya bagi generasi muda sekarang ini. Generasi Muda sekarang ini lebih tertarik dengan adanya permainan teknologi canggih, play station dan permainan games menarik yang dengan mudah dapat diakses melalui Internet.

Hasil akhir penilaian dewan juri olahraga tradisional dari 15 regu peserta, diambil 10 rangking terbaik adalah sebagai berikut :


Sepuluh peringkat terbaik diberikan Piala tetap da uang pembinaan dengan rincian sebagai berikut :
Rangking    I                    Tropy dan uang pembinaan Rp. 2.000.000,-
Rangking    II                   Tropy dan uang pembinaan Rp. 1.750.000,-
Rangking    III                  Tropy dan uang pembinaan Rp. 1.500.000,-
Rangking    IV s/d VI       Tropy dan uang pembinaan Rp.    750.000,-
Rangking    VII s/d X       Tropy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar