Kamis, 24 Juli 2014

Perminan HADANG

Hadang adalah permainan olahraga tradisional yang tidak mempergunakan alat apapun sebagaimana permainan tradisional sebelumnya. Olahraga tradisional hadang dimainkan secara beregu, baik putera maupun puteri. Jumlah anggota regu sebanyak 8 orang, terdiri dari 5 orang sebagai pemain inti dan 3 orang selebihnya sebagai pemain cadangan.  Ada sedikit perbedaan pada permainan olahraga tradisional ini, selain dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Namun yang membedakan dengan permainan olahraga tradisional lainnya adalah pada permainan ini tidak hanya dilakukan sebagai permainan untuk dilombakan pada acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus atau peringatan hari jadi Kabupaten atau Kota saja, tetapi juga sering dilakukan sebagai pengisi waktu senggang.

AREA HADANG
Permainan olahraga tradisional hadang ini dapat dibuat di ruangan terbuka (stadion, lapangan terbuka, halaman rumah, lapangan, atau jalan raya bila memungkinkan) maupun tertutup (gedung olahraga, gedung pertemuan). Sebaiknya arena yang akan dipergunakan memiliki permukaan yang datar atau rata. Bentuk area Hadang merupakan area petak persegi panjang lapangan 15 meter dan lebar 9 meter. Kemudian area tersebut dibagi 6 (enam) petak dengan ukran masing-masing 4,5 meter x 5 meter. Pinggir lapangan sebaiknya dibuat jangan dari tali (plastik atau tampar), namun sebaiknya diberi tanda dengan kapur saja. Hal dilakukan untuk menghindari kemungkinan buruk dari salah satu peserta yang terkait tali dan akan mencederai. Garis perminan ditandai dengan garis selebar 5 cm, dan upayakan pembuatan garus tersebut tidak muda luntur atau hilang.

Untuk membedakan regu satu dengan regu lainnya, setiap regu diwajibkan memakai kostum seragam bernonor dada dan punggung dengan ukuran 15 cm x 20 cm, dari angka 1 s.d. 8. Kapten regu diberi tanda khusus pada lengan kanan atas berbentuk pita berwarna melingkar. Lamanya permainan Hadang ini adalah 2 X 15 menit dan diberi waktu istirahat selama 15 menit. Pelatih atau Tim Manajer diperkenankan mengajukan time out. Time out diberikan kepada masing-masing regu 1 (satu) kali, dan masing-masing mendapat jatah 1 (satu) menit. Ketika pelaksanaan time out, jam dimatikan dan dicatat posisi masing-masing pemain. Setelah time out selesai, posisi masing-masing pemain seperti sebelum diberlakukan time out.

Pemenang dalam permainan Hadang ini ditentukan dari besarnya nilai yang diperoleh salat satu regu. Setelah permainan berakhir 2 X 15 menit. Penetapan nilai diambil dari setiap pemain yang berhasil melewati garis depan sampai dengan garis belakang diberi nilai satu, dan pemain yang juga berhasil melewati garis belakang sampai dengan garis depan diberi nilai satu. Apabila, terjadi nilai sama setelah waktu yang ditetapkan 2 X 15 menit, maka diberikan waktu perpanjangan selama 10 menit (2 X 5 menit) tanpa diberi waktu istirahat. Tetapi bila masih sama juga, maka pemenang ditentukan berdasarkan hasil undian.

Selamat Berolahraga......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar